Instal Geany dan g++ juga ya…

Januari 7, 2010 pukul 5:53 pm | Ditulis dalam 1 | 2 Komentar

Untuk dapat bermain-main c++ (mengetik, mengkopile, dan sebagainya) di Linux:Ubuntu . Seorang teman saya bernama Muhammad Abrar Istiadi , memberi jawaban untuk menggunakan Geany -sebuah aplikasi yang sedikit mirip dengan Turbo c++ dan kawan-kawan di Windows. Tidak ragu-ragu saya langsung masuk ke situs favorit saya untuk mnyaencari distribusi aplikasi-aplikasi Ubuntu di apt-web.dahsy.at yang tentunya di situ terdapat beraneka ragam aplikasi yang sangat mudah untuk didownload. setelah mendapatkan geany, saya langsung menginstalnya (klik 2x pada geany.xxx.deb nya) karena Geany cuma berbentuk satu file. Setelah selesai instal Geany, saya menjalankannya, dan beberapa baris kode saya tuliskan. TAPI ketika saya mencoba kompile ternyata kompilasi apatkanerrormendterdapat tulisan :
/bin/sh g++ not found
. Nah.. ternyata Geany belum bisa mengkompile tersebut, karena g++ nya belum terinstal. (saya pusing).
Dan sore ini, saya nekat untuk mencari g++ di Synaptic Package Manager. terlebih dahulu saya setting proxy nya di bagian Setting-Preferrence-Network. Setelah itu saya search lagi g++ di kotak searchnya “Synaptic”, saya centak semua yang berhubungan dengan g++ dan Apply, alhasil saya mendapatkan g++ (dengan memakai server undip).
Setelah selesai install, sayamenjalankan Geany dan hasilnya program yang saya tulis tadi dapt terkompile dengan baik dan berjalan selayaknya program. alhamdulillah

2 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Heya i am for the first time here. I came across this
    board and I find It truly useful & it helped me out a lot.
    I hope to give something back and aid others like
    you helped me.

  2. I needed to thank you for this wonderful read!!
    I certainly loved every bit of it. I have got
    you saved as a favorite to check out new things you post…


Tinggalkan komentar

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.